Pages

Subscribe:

Labels

Tuesday 25 February 2014

Kado Untuk Mama



PRANG!!!!
Ade memecahkan celengan ayamnya dengan cara memukul pelan pakai martil di atas selembar koran di lantai kamarnya. Seketika uang dalam bentuk kertas dan logam berhamburan bercampuran dengan pecahan celengan yang terbuat dari tanah liat itu. Dengan mata berbinar-binar, Ade menghitung jumlah uang yang terlah terkumpul selama sepuluh bulan itu. Semuanya ada sembilan puluh delapan ribu rupiah.

Ade teringat kejadian minggu lalu. Tanpa sengaja Ade menyenggol guci keramik kecil milik Mama yang dipajang di ruang tamu hingga bocel. Karena guci itu adalah salah satu benda kesayangan Mama, maka Ade berjanji akan mengganti guci tersebut dengan memakai uangnya sendiri. Dan kini Ade tersenyum karena kini uangnya sudah cukup untuk membeli guci keramik yang baru. Apalagi minggu depan Mama akan ulang tahun, jadi akan sangat tepat kalau Ade memberi hadiah ulang tahun guci keramik yang sama persis dengan milik Mama yang bocel dulu.


Besok adalah hari ulang tahun Mama, maka sore ini Ade minta izin Papa dan Mama untuk pergi ke toko keramik di dekat pasar. Sambil bersiul-siul riang, Ade melangkahkan kakinya keluar dari pagar rumahnya. Ketika melewati rumah Pak Indra yang berjarak sepuluh meter dari rumahnya, Ade mendengar suara anak kecil menangis. Pak Indra adalah tetangga Ade, beliau bekerja sebagai penarik becak. Pak Indra dan Bu Indra memiliki anak laki-laki yang berumur tiga tahun bernama Dede. Pasti anak itu yang sedang menangis.

Ade melanjutkan langkahnya, tetapi kemudian terhenti ketika didengarnya suara Bu Indra bicara pada anaknya.

”Sabar ya, Nak. Kita tunggu Bapak pulang dulu, baru kita beli beras”, bujuk Bu Indra. Ade tampak sedikit ragu, antara mau melanjutkan perjalanannya atau berbelok masuk ke rumah Pak Indra. Tangis anak itu semakin menjadi-jadi, sepertinya bujukan Bu Indra tidak mempan karena dia sudah lapar. Ade kemudian berbelok masuk ke rumah Pak Indra yang dindingnya terbuat dari anyaman bambu itu.

”Selamat sore, Bu Indra”, sapa Ade sopan.
Eh, selamat sore Nak Ade”, balas Bu Indra sambil tersenyum. Tampak beliau sedang kerepotan menenangkan si Dede yang masih menangis.

”Dede kenapa menangis?”, tanya Ade ingin tau.
“Nggak kenapa-kenapa, Nak. Emang lagi cengeng aja dia”, jawab Bu Indra malu-malu.
“Lapar, Kak”, sahut Dede disela-sela tangisnya. Bu Indra menunduk. Hening sejenak.

”Bu Indra, saya permisi dulu”, Ade akhirnya minta izin pergi karena teringat dia harus membeli guci keramik untuk hadiah ulang tahun Mama besok.
”Silahkan Nak Ade”, jawab Bu Indra ramah.


Hari ini hari Minggu sekaligus hari ulang tahun Mama. Mama sedikit heran karena Ade belum juga keluar dari kamarnya. Biasanya Ade sejak jam enam sudah bangun dan memperhatikan Mama memasak didapur. Apakah Ade lupa kalau hari ini ulang tahun Mama? Tetapi tidak mungkin, karena dua hari yang lalu Ade sudah heboh bercerita soal kejutan hadiah ulang tahun yang akan dia berikan untuk Mama.
Tok, tok, tok. Mama mengetuk pintu kamar Ade.
 ”Ade, Mama boleh masuk?”.
”Masuk aja, Ma’, jawab Ade dari dalam. Mama mendapati Ade sedang duduk dengan lesu diatas tempat tidur. Ade kemudian berjalan menghampiri Mama dan memeluknya.
”Selamat ulang tahun Mama”, bisik Ade pelan sambil memeluk Mama. Mama menatap Ade sejenak.

”Kamu sakit?”, tanya Mama sambil meraba kening Ade. Tidak biasanya Ade lesu seperti ini. Ade menggeleng.
”Maaf, Ma. Ade tidak jadi memberi hadiah ulang tahun seperti yang Ade janjikan kemarin”, ujar Ade kemudian.
”Tidak apa-apa. Tetapi kenapa? Bukankah kamu sudah memecahkan celengan ayam milikmu?”. Ade mengangguk.
”Terus, uangnya kamu gunakan untuk apa?”, tanya Mama lagi. Ade tidak berani menjawab, matanya berkaca-kaca karena takut Mama akan marah. Tiba-tiba terdengar ketukan di pintu depan. Terdengar Papa membuka pintu dan mempersilahkan tamunya masuk.

”Ade, Pak Indra dan Bu Indra mau bertemu kamu”, seru Papa dari ruang tengah. Bersama Mama, Ade keluar dari kamar menuju ruang tamu. Begitu melihat Ade, Dede langsung menghambur dan memeluk pinggang Ade.

”Kak Ade.....”. Ade membalas pelukan Dede kemudian mendudukan Dede dipangkuannya.

”Begini Pak Ade dan Bu Ade. Kemarin kami mendapat kiriman beras, sayur, telur dan ikan dari pasar. Kami kebingungan karena kami tidak pernah merasa membeli itu semua. Menurut mas-mas yang mengantar, katanya Nak Ade yang nyuruh”.
Papa dan Mama serentak memandang Ade. Sekarang Mama tau kemana perginya uang Ade.
           
”Kami datang untuk mengucapkan terima kasih kepada Nak Ade. Sekalian kami juga mau mengganti uang Nak Ade”, lanjut Pak Indra lagi. ”Maaf, kemarin kami memang kehabisan beras, saya belum dapat uang cukup untuk membeli beras. Baru tadi saya bisa dapat uang”, ujar Pak Indra malu-malu.

Pak Indra lalu mengeluarkan sebuah amplop kusam dari dalam saku kemejanya dan mengulurkannya kepada Ade. Ade ragu-ragu, kemudian memandang Mamanya. Mamanya tersenyum dan mengangguk.
”Tidak usah diganti, Pak. Ade iklas kok. Uang itu biar Pak Indra dan Bu Indra simpan saja, siapa tau nanti ada keperluan lain”, jawab Ade malu-malu. Mama dan Papa menepuk bahu Ade dengan bangga.

“Tadinya uang itu akan digunakan Ade untuk membeli hadiah ulang tahun untuk saya”, Mama menjelaskan.
“Nah, kalau begitu izinkan saya mengembalikan uang Nak ade biar Nak Ade bisa membelikan hadiah itu untuk Ibu Ade”. Pak Indra kembali mengangsurkan amplop berisi uang  yang tadi.

“Ade sudah membelikan hadiah ulang tahun saya kok, Pak”, jawab Mama lagi. Pak Indra dan Bu Indra saling berpandangan dan terharu.
”Mari Pak Indra, Bu Indra dan Dede. Kita makan kue dulu yuk. Hari ini kan saya ulang tahun”, ajak Mama kemudian. ”Kebetulan saya baru saja selesai memasak kue. Mari kita cicipi sama-sama”.

Pak Indra, Bu Indra dan Dede langsung bergantian menyalami Mama mengucapkan selamat Ulang Tahun. Sambil ramai-ramai berjalan ke arah dapur, Ade merangkul Mama sambil berbisik.

”Mama nggak marah karena Ade tidak jadi memberi hadiah ulang tahun untuk Mama?”. Mama hanya tersenyum sambil membelai rambut Ade.
“Tapi kenapa tadi Mama bilang ke Pak Indra kalau Ade sudah membelikan hadiah untuk Mama? Kan Ade tidak jadi beli apa-apa?”, tanya Ade penasaran.
Hadiah ulang tahun Mama itu ya kamu. Kamu adalah hadiah ulang mama yang paling berharga”, bisik Mama sambil tersenyum.